Cari Event Terkini di Singapura

Dapatkan jadwal event, acara, aktivitas terkini di Singapura

Article

Where To Go: Panduan Menjadi Hipster di Singapura

Marina Bay Sands, Gardens by The Bay dan Taman Merlion mungkin jadi sedikit dari beberapa landmark paling khas dari Singapura. Enggak cuma ikonik, destinasi tersebut juga termasuk yang paling mainstream untuk dikunjungi ketika kamu traveling ke ‘Negeri Singa’ ini.

Ketika kamu punya kesempatan untuk menjelajah lebih, tentu kamu ingin, dong, punya pengalaman berbeda setiap berkunjung ke suatu tempat. Maka, enggak ada salahnya jika kamu mengeksplor apa saja yang menarik dari negara tersebut. Terlebih, jika kamu punya preferensi yang unik dan cenderung ingin berbeda dari yang lainnya alias hipster!

Nah, kumparan punya rekomendasi lima tempat seru, nih, yang bisa kamu kunjungi ketika berkunjung ke Singapura.

Panggilan untuk para hipster, catat baik-baik panduan ini, ya. Siapa tahu bisa jadi itinerary buat trip kamu selanjutnya.

Books Actually

Books Actually adalah ‘harta karun’ bagi para pecinta buku. Toko buku yang terletak di Yong Siak Street ini juga punya desain yang artistik lengkap dengan koleksi barang antik di dalamnya.

Dari luar tokonya saja, kamu akan disuguhkan oleh vending machine unik yang menjual buku tanpa kamu tahu apa isi atau bahkan judul dari buku tersebut. Sepertinya kiasan ‘don’t judge the book by its cover’ benar-benar diterapkan di sini, ya.

The Analog Vault

Buat kamu yang masih mendengarkan atau mengoleksi rilisan fisik terutama vinyl, The Analog Vault bisa kamu masukkan list mandatory pitstop.

Sudah eksis sejak 2015, The Analog Vault juga jadi record store yang melayani pembelian secara online. Mereka konsisten melakukan kurasi terhadap koleksi vinyl yang mereka jual. Beberapa di antaranya meliputi genre jazz, hip hop, klasik modern, eksperimental, elektronik, dan musik lokal.

Selain vinyl, mereka juga menjual buku yang berkaitan dengan musik dan pop culture.

Haji Lane

Jika kamu bosan dengan isi feeds Instagram kamu, percayalah bahwa kawasan Haji Lane bakal menyediakan banyak 'Instagramable spot' yang bisa kamu jadikan stok.

Berada di lingkungan Kampong Glam, Singapura, kawasan ini jadi salah satu destinasi yang paling hipster di Singapura, karena banyaknya ruko serta dinding yang ramai dihiasi mural oleh berbagai seniman street art.

Enggak cuma itu, Haji Lane juga dilengkapi dengan bermacam pilihan cafe tematik dan indie shop boutique yang menjajakan pernak-pernik artsy.

The Projector

Para penggemar sinema alternatif, tempat ini wajib kamu kunjungi jika berada di Singapura. The Projector merupakan ‘hidden gem’ yang terletak di dalam Golden Mile Tower.

Film yang ditayangkan di sini enggak sembarang, lho, karena ada tim yang turut melakukan kurasi sehingga sesuai dengan kualitas dan preferensi.

Mereka juga menjual alkohol dan makanan ringan yang bisa kamu nikmati selama pemutaran film. The Projector bisa jadi opsi kencan yang oke dengan pasangan!

Funan Mall

Eits, tunggu dulu. Ini bukan mall yang cuma bakal menguras kantong kamu aja. Lebih dari itu, Funan Mall lebih tepat disebut sebagai ekosistem. Sebab, di dalam Funan Mall, terdapat berbagai ruang kreatif yang memfasilitasi anak muda Singapura untuk menuangkan ide-ide mereka.

“Kami berupaya membangun ekosistem yang mengedukasi bahwa mall bukan hanya tempat untuk belanja saja. Di sini ada gym, co-working space, studio, theatre, Lyf (co-living), dan beberapa retailer yang menjual produk lokal. Jadi kami juga mendukung para pegiat seni dan entrepreneur lokal,” jelas Augustine Ow, Centre Manager CapitaLand.

Funan Mall yang dikembangkan oleh CapitaLand ini dulunya adalah mall yang menjual segala perlengkapan IT. Kemudian, mall ini didesain ulang sehingga cocok untuk menggaet pasar milenial yang digital savy.

Canggihnya lagi, mall ini punya fitur khusus yang bernama Facial Profiling. Jadi, ketika kamu berdiri di depannya, kamera dalam Facial Profiling tersebut akan berusaha memindai usia dan gender kamu serta menampilkan top picks atau rekomendasi yang sesuai untukmu.

Nah, itu dia tadi beberapa rekomendasi tempat 'hipster' yang bisa coba kamu kunjungi selama di Singapura. Tertarik buat memasukkannya ke dalam list itinerary kamu, kah?