Cari Event Terkini di Singapura

Dapatkan jadwal event, acara, aktivitas terkini di Singapura

Article

Singapore Marathon Digelar 3 Hari, Simak Rutenya yang Menantang

Kabar gembira untuk para pecinta olahraga lari, terutama kamu yang gemar ikut kompetisi lari maraton. Pasalnya, Singapura akan menggelar Standard Chartered Singapore Marathon pada 29 November hingga 1 Desember 2019 mendatang.

Menariknya, untuk pertama kalinya Standard Chartered Singapore Marathon akan digelar pada malam hari. Nantinya, akan ada enam kategori yang bisa kamu ikuti dalam event ini. 

Di tanggal 29 November 2019, akan digelar Kids Dash, lomba lari non-kompetitif untuk pelari muda berusia maksimal hingga 10 tahun. Perlombaan ini sengaja dirancang untuk mendorong anak-anak berpartisipasi dalam acara lari dan berolahraga. Tak ada batasan waktu, anak-anak akan didorong untuk bersenang-senang dan menjadi bagian penting dalam perlombaan di Singapura ini.  

Memiliki rute sepanjang 700 meter, Kids Dash akan berlangsung di F1 Pit Building. Perlombaan ini akan dimulai pukul 19.00 waktu Singapura. 

Acara seru Standard Chartered Singapore Marathon tak hanya berhenti sampai di situ. Pada tanggal 30 November 2019, akan ada beberapa kategori perlombaan lari yang tak kalah serunya, seperti Toyota Ekiden.

Toyota Ekiden merupakan estafet tim yang diikuti oleh lima peserta. Mereka akan bersaing dalam lima rute jarak yang tidak sama, dengan total jarak 42,195 km yang akan dimulai pukul 18.00 waktu Singapura. 

Pelari pertama dalam tim yang mengikuti Toyota Ekiden akan menempuh perjalanan sejauh 7,4 km dari titik mulai F1 Pit Building. Selanjutnya, pelari kedua akan menempuh perjalanan sejauh 12,2 km dari Keppel Road Car park K0108. 

Diteruskan oleh pelari ketika yang akan menempuh jarak 8 km dari Marina Boulevard Open Space at Promontory. Kemudian, pelari keempat akan menempuh perjalanan sepanjang 4,8 km dari ECP Service Road Car Park B2, dan diakhiri oleh pelari kelima yang akan menempuh jarak 9,8 km dari Rhu Cross Open Space under Sheares Bridge. Perlombaan akan berakhir dengan garis finish di The Float @ Marina Bay.

Ingin lomba yang lebih menantang di Standard Chartered Singapore Marathon 2019? Kamu bisa ikut lomba kategori Marathon dan Half Marathon. 

Digelar di hari yang sama, yaitu Sabtu, 30 November 2019, pelari yang mengikuti lomba kategori Marathon akan menempuh perjalanan sejauh 42,195 km, dengan waktu sekitar 7 jam 30 menit. Harap catat, kategori ini hanya bisa diikuti oleh kamu yang berusia di atas 18 tahun, ya. 

Kategori Marathon akan memulai perlombaan dari F1 Pit Building - Nicoll Highway - South Beach - Beach Road - War Memorial Park - St. Andrew's Road - St. Andrew's Cathedral - National Gallery - Merlion Park - Fullerton Hotel - One Fullerton - Collyer Quay - Cecil Street - Keppel Road - Tanjong Pagar Railway Station - West Coast Highway - Mapletree Business City - Reflections @ Keppel Bay - VivoCity - Lau Pat Sat - Marina Gardens Drive - Marina Barrage - Gardens by the Bay - Sheares Avenue - Marina Bay Sands - Republic Boulevard - Singapore Flyer - Raffles Avenue - Esplanade - dan berakhir di The Float @ Marina Bay. 

Jika ingin rute yang lebih pendek dari Marathon, kamu bisa ikut perlombaan kategori Half Marathon. Tak seperti Marathon yang harus diikuti oleh pelari berusia di atas 18 tahun, Half Marathon bisa diikuti oleh kamu yang berusia di atas 16 tahun.  

Menempuh rute sepanjang 21,1 km, kategori ini juga akan memulai lomba dari F1 Pit Building Nicoll Highway - South Beach - Beach Road - War Memorial Park - St. Andrew's Road - St. Andrew's Cathedral - National Gallery - Merlion Park - Fullerton Hotel - One Fullerton - Collyer Quay - Cecil Street - Keppel Road - Tanjong Pagar Railway Station - West Coast Highway - Mapletree Business City - Reflections @ Keppel Bay - VivoCity - Lau Pat Sat - Esplanade - Raffles Avenue - berakhir di The Float @ Marina Bay.

Ingin ikut perlombaan dengan jarak yang lebih pendek lagi? Tenang saja, di Standard Chartered Singapore Marathon ada juga lomba untuk kategori 10 km dan 5 km.  

Digelar 1 Desember 2019, kategori ini bisa diikuti oleh pelari dengan usia di atas 14 tahun dan cocok untuk pelari pemula. Di kategori 10 km, pelari akan memulai lomba dari F1 Pit Building - Stadium Drive - National Stadium - Republic Avenue - Singapore Flyer - Raffles Avenue - Esplanade - berakhir di The Float @ Marina Bay.

Peta rute yang dilalui dikelas 10km. Foto: Singaporemarathon.com

 

Peta rute yang dilalui dikelas 5km. Foto: Singaporemarathon.com

 

Sementara itu, untuk kategori 5 km cocok diikuti pelari yang berusia di atas 10 tahun. Menempuh rute dengan waktu 1 jam 15 menit, kategori ini akan memulai lomba di F1 Pit Building - Republic Avenue - Singapore Flyer - Raffles Avenue - Esplanade - berakhir di The Float @ Marina Bay. 

Nantinya, seluruh peserta yang mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019 akan mendapatkan race singlet, race pack, phone card case, medali dan T-shirt, handuk dingin, serta foto digital.

Nah, untuk kamu yang tertarik mengikuti Standard Chartered Singapore Marathon 2019, tiket tersedia dalam beberapa pilihan. Misalnya Kids Dash yang dibanderol sebesar Rp 35 dolar Singapura atau sekitar Rp 350.000 untuk lokal dan internasional. Kemudian kategori Marathon yang dibanderol 130 dolar Singapura atau sekitar Rp 1.350.000 untuk lokal dan 155 dolar Singapura atau sekitar Rp 1.605.000 untuk internasional.

Selanjutnya, Half Marathon dibanderol 110 dolar Singapura atau sekitar Rp 1.140.000 untuk lokal dan 135 dolar Singapura atau Rp 1.400.000 untuk internasional. Toyota Ekiden dibanderol 360 dolar Singapura atau sekitar Rp 3.726.000 per tim untuk lokal dan internasional.

Peta rute yang dilalui dikelas Kids Dash. Foto: Singaporemarathon.com

 

Sedangkan kategori 10 km dibanderol sebesar 90 dolar Singapura atau sekitar Rp 930.000 untuk lokal dan 115 dolar Singapura atau sekitar Rp 1.200.000 untuk internasional. Terakhir, kategori 5 km dibanderol 70 dolar Singapura atau sekitar Rp 724.000 untuk lokal dan internasional. 

Enggak mau ribet dan ingin semuanya diurusi saat ikut Standard Chartered Singapore Marathon 2019? Tenang saja, karena acara ini juga bekerja sama dengan beberapa travel agent di seluruh dunia.  

Untuk Indonesia, kamu bisa mengetahui paket wisata untuk Standard Chartered Singapore Marathon 2019 di Lily Tours yang menjadi agent resmi acara ini. Kamu bisa menghubungi Lily Tours di nomor telepon 021-8292780/021-8319550 atau 0811 9565 998 /0811 109 565 (HP/WA). 

Yuk, seru-seruan sambil olahraga bareng di Standard Chartered Singapore Marathon 2019! #ParaPemburuKetegangan 

Ingin tahu ada keseruan apa di Singapura? Dapatkan informasinya di sini.